Selasa, 13 September 2011

Dapurku (episode: lentho)

Kebetulan karna sudah lama gk makan tempe, kemarin saya membeli satu papan tempe panjang. Saya goreng separo dan sisanya saya simpan buat digoreng pas sarapan. Ternyata td pagi pas saya lihat, tempenya udah busuk gt. Yawez lah, saya memutuskan untuk memprosesnya sepulang ganner sekolah aja.

Akhirnya jadilah siang ini saya mengeksekusi si tempe menjadi lento -nulisnya pake 'h' gk ya?-.

Pernah dengar namanya? Lentho itu kalo di tanah kelahiran saya di sidoarjo sana, terbuat dari kacang tholo -bhsa indonesianya kacang merah bkn ya?- yg di haluskan dan diberi bumbu, lalu digoreng. Tp di madiun orang2 membuatnya dgn bahan dasar tempe busuk.

Bahan:
1 buah tempe busuk
Bawang merah dan bawang putih sesuai selera
Gula dan garam secukupnya
daun bawang
1/2 ons tepung terigu
air

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih, gula dan garam. Karna ganner suka pedes, saya tambahkan 4buah cabe rawit.
Tambahkan tempe busuk yg sudah dihancurkan.
Tambah tepung terigu dan air sampai mencapai tekstur sesuai selera anda.
Tambahkan irisan daun bawang.
Goreng.

Itu kreasi saya sendiri. Soalnya orang2 buatnya pake parutan kelapa dan gk pake daun bawang. Karna di tukang sayur langganan saya kelapa parutnya sudah habis dan tentu saja saya ogah marut, jd saya gk pake.

So what do you think? Gueh KEREaktip? Wkwkwk

2 komentar:

  1. Setau saia lentho itu yg salah satu lagunya adalah paporit saia

    kau datang dan pergi, oh begitu sajaaaaa *ruang rindu* #ngelap ingus#

    yeah...yeah....komen yg garing, ai nou det -_-

    emak saya dan emak mertua gw juga seneng bikin dan makan tempe busuk gitu. Tapi gw sbg pensuport kehigienisan sejati ga pernah berminat nyicipin sih....hihi

    BalasHapus